Keterampilan dasar mengajar sangat penting demi menunjang kegiatan pembelajaran. Keterampilan membuka dan menutup pelajaran adalah salah satu dari beberapa keterampilan tersebut. Buat yang lagi nyari tugas mata kuliah keterampilan dasar mengajar.
KETERAMPILAN MEMBUKA DAN MENUTUP PELAJARAN
KETERAMPILAN MEMBUKA DAN MENUTUP PELAJARAN
Dosen Pengampu: Dra. Erlina Zahar, M.Pd
Oleh:
Suharni
Sihombing, S.Si (A-IV.XII.0045)
PROGRAM AKTA IV
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS BATANGHARI
2011
PENDAHULUAN
Penguasaan guru terhadap
keterampilan membuka dan menutup pelajaran akan membuat kegiatan pembelajaran
bermakna bagi pengembangan pribadi siswa, apabila dalam penerapannya
benar-benar relevan dengan tujuan dan materi pelejaran serta sesuai dengan
kerakteristik siswa. Oleh sebab itu, guru harus berusaha untuk menguasai kedua
keterampilan ini dengan baik demi kepentingan para siswanya.
Secara sederhana membuka pelajaran
merupakan kegiatan untuk mengawali pelajaran, sedangkan menutup pelajaran
adalah kegiatan untuk mengakhiri pelajaran. Kegiatan-kegiatan yang
dikategorikan ke dalam perbuatan membuka dan menutup pelejaran adalah
kegiatan-kegiatan yang memiliki kaitan langsung dengan kegiatan pembelajaran,
khususnya dengan penyampaian materi pelajaran. Kedua kegiatan itu merupakan
kiat guru untuk membuat pembelajaran menjadi bermakna bagi siswa.
Tujuan yang ingin dicapai setelah
mempelajari topik “Keterampilan Membuka dan Menutup Pelajaran”, agar kita dapat
menerapkan kedua keterampilan ini dengan baik dalam kegiatan pembelajaran.
Secara lebih khusus lagi, setelah mengkaji topik ini, kita diharapkan dapat:
1. Menjelaskan
hakikat keterampilan membuka dan menutup pelajaran
2. Menjelaskan
tujuan kegiatan membuka dan menutup pelajaran
3. Mencontohkan
komponen-komponen keterampilan membuka dan menutup pelajaran
4. Menjelaskan
prinsip-prinsip yang harus diperhatikan guru dalam menerapkan keterampilan
membuka dan menutup pelajaran
Tidak ada komentar:
Posting Komentar