Jumat, 07 Oktober 2011

Makalah Keterampilan Membuka dan Menutup Pelajaran

Keterampilan dasar mengajar sangat penting demi menunjang kegiatan pembelajaran. Keterampilan membuka dan menutup pelajaran adalah salah satu dari beberapa keterampilan tersebut.  Buat yang lagi nyari tugas mata kuliah keterampilan dasar mengajar.

KETERAMPILAN MEMBUKA DAN MENUTUP PELAJARAN

Dosen Pengampu: Dra. Erlina Zahar, M.Pd




Oleh:
                                    Suharni Sihombing, S.Si       (A-IV.XII.0045)


PROGRAM AKTA IV
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS BATANGHARI
2011




PENDAHULUAN

            Penguasaan guru terhadap keterampilan membuka dan menutup pelajaran akan membuat kegiatan pembelajaran bermakna bagi pengembangan pribadi siswa, apabila dalam penerapannya benar-benar relevan dengan tujuan dan materi pelejaran serta sesuai dengan kerakteristik siswa. Oleh sebab itu, guru harus berusaha untuk menguasai kedua keterampilan ini dengan baik demi kepentingan para siswanya.
            Secara sederhana membuka pelajaran merupakan kegiatan untuk mengawali pelajaran, sedangkan menutup pelajaran adalah kegiatan untuk mengakhiri pelajaran. Kegiatan-kegiatan yang dikategorikan ke dalam perbuatan membuka dan menutup pelejaran adalah kegiatan-kegiatan yang memiliki kaitan langsung dengan kegiatan pembelajaran, khususnya dengan penyampaian materi pelajaran. Kedua kegiatan itu merupakan kiat guru untuk membuat pembelajaran menjadi bermakna bagi siswa.
            Tujuan yang ingin dicapai setelah mempelajari topik “Keterampilan Membuka dan Menutup Pelajaran”, agar kita dapat menerapkan kedua keterampilan ini dengan baik dalam kegiatan pembelajaran. Secara lebih khusus lagi, setelah mengkaji topik ini, kita diharapkan dapat:
1.      Menjelaskan hakikat keterampilan membuka dan menutup pelajaran
2.      Menjelaskan tujuan kegiatan membuka dan menutup pelajaran
3.      Mencontohkan komponen-komponen keterampilan membuka dan menutup pelajaran
4.      Menjelaskan prinsip-prinsip yang harus diperhatikan guru dalam menerapkan keterampilan membuka dan menutup pelajaran

Tidak ada komentar:

Posting Komentar