Jumat, 07 Oktober 2011

Desain Pesan dan Karakteristik Siswa Dalam Pembelajaran


silahkan dibaca, lumayan buat nambahnambah referensi tuk makalah atau buat tugas kuliah desain pembelajaran. Good luck! ^^



DESAIN PESAN DAN KARAKTERISTIK SISWA
DALAM PEMBELAJARAN

 
OLEH:
SUHARNI SIHOMBING,S.Si         A-IV-XII-0045



PROGRAM AKTA IV ANGKATAN XII
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS BATANGHARI
2011

BAB I
PENDAHULUAN

1.2  Latar Belakang
Siswa merupakan komponen dasar pertama dalam suatu perencanaan desain pembelajaran. Proses pembelajaran pada hakikatnya bertujuan untuk membelajarkan siswa agar memperolah tujuan yang ingin dicapai, oleh sebab itu siswa harus dijadikan pusat dari segala kegiatan. Dengan demikian, analisis siswa merupakan suatu hal yang sangat penting sebelum merencanakan suatu desain pembelajaran untuk mengetahui kondisi siswa.
Disanalah peran guru untuk membuat suatu desain pembelajaran yang nantinya dapat diterapkan di masa yang akan datang. Agar proses belajar dan pembelajaran dapat berjalan dengan efektif, efisien dan memiliki daya tarik, maka dengan demikian guru harus bias memahami karakteristik siswa dan mendesain suatu pesan semenarik mungkin agar pesan yang disampaikan dapat diterima oleh siswa dengan baik pula.

1.2 Perumusan Masalah
Proses pembelajaran hanya akan tercapai dengan baik apabila penyampaian pesan dapat diterima oleh siswa dengan baik pula. Dan untuk mendesain suatu pesan yang baik kita harus memahami karakteristik siswa tersebut.
Pokok permasalahan dari makalah ini adalah:
a.  Bagaimana mengidentifikasi karakteristik siswa yang berkaitan dengan kemampuan awal?
b.  Bagaimana mendesain pesan dengan baik?


1.3 Tujuan
     Dengan penulisan makalah ini, dapat mendesain pesan sesuai karakteristik siswa agar proses pembelajaran dapat berjalan secara efektif dan efisien.





* maaf nih belum selesai di upload, ada pembaharuan, hehhe...

1 komentar:

  1. Bagus nih tuk bantuin kita buat makalah, trims ya ^^

    BalasHapus